SELAMAT DATANG DI BLOG KPRI KIPAS KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN PROPINSI DIY

Laman

Selasa, 13 Juli 2010

Pembukaan Diklat Pendidkan Dasar-Dasar Perkoperasian

Analisa KK- KM

Siapa yang lebih kuat


Malaikat kembali berlanjut bertanya kembali” Ya Robbi” adakah sesuatu dalam ciptaanMu yang lebih kuat dari api” Allah Yang Maha Suci menjawab” ada yaitu air”( api membara sedahsyat apapun niscaya akan padam apabila disiram oleh air, termasuk hutan yang terbakar dibelahan bumi Indonesia hingga asapnya mengganggu penduduk Negeri Jiran itu mestinya bisa segera diredam oleh air)
Malaikat meneruskan mencari informasi “ Ya Robbi”adakah sesuatu dalam penciptaan Mu yang lebih kuat dari air” Allah Yang Maha Sempurna menjawab “Ada “ yaitu “Angin” ( air di samudranan luas bergelombang dahsat bergulung-gulung menjelma menjadi Tsunami yang mengerikan, perahu terbanting tenggelam, batu karang terhempas karena dahsatnya kekuatan angin, termasuk pohon-pohon, gedung-gedung bertingkat porak-poranda, karena angin ternyata memiliki kekuatan yang amat dahsat.

Tertawalah Sejenak


“Siapa yang banyak tertawa, rendah kewibawaannya. Siapa yang bercanda, ia telah meremehkan kewibawaaannya. Siapa yang memperbanyak sesuatu akan dikenal dengan sesuatu itu. Siapa yang banyak bicaranya, banyak kesalahannya , siapa yang banyak salahnya, sedikit rasa malunya, siapa yang sedikit rasa malunya, sedikt wara’ ( penjagaan diri)nya. Siapa sedikit wara’nya mati hatinya, “ begitu kata Umar bin Khaththab. Nabi sendiri juga bercanda, tetapi sekali lagi dalam batas-batas yang wajar biasa dan tidak berkelebihan. Karena itulah suatu saat Nabi pernah bersabda:”Sesungguhnya aku bercanda, tetapi aku tidk pernah berkata kecuali kebenaran “ (HR Tirmidzi)

Gapai kesucian dengan doa


“ Wahai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS.At-Tahrim;8)

Koperasi dalam Islam


dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) 'mencintai' orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang muhajirin), atas diri mereka sendiri, Sekalipun mereka dalam kesusahan. dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka Itulah orang orang yang beruntung

Administrasi Usaha simpan Pinjam


Akuntansi adalah suatu tehnik pencatatan, pengelolaan, pengiktisaran dari transaksi / kejadian yang mengakibatkan perubahan harta, hutang dan modal dengan cara yang setepat-tepatnya, kemudian mengadakan penganalisaan sebagai akibat dari terjadinya transaksi tersebut.
Jadi secara singkat dan sederhana akuntansi dapat dikatakan : Pencatatan, Pengolahan, Pengiktisaran.

Senin, 12 Juli 2010

KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) DAN UNIT SIMPAN PINJAM (USP)

Peraturan Pemerintah RI Nomor 9 tahun 1995 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi, memperetegas bahwa kegiatan usaha simpan pinjam dilaksanakan dari dan untuk anggota, calon anggota koperasi yang bersangkutan, koperasi lain dan atau anggotanya. Calon anggota koperasi dimaksud dalam waktu paling lama 3 (tiga) bulan setelah melunasi simpanan Pokok harus menjadi anggota. ( Pasal 18 ayat (1) dan (2) )

Refleksi Tiga dasa warsa



Keadaan ini adalah hasil pelaksanaan demokrasi di KPRI KIPAS. DI sini tidak ada batasan berapa kali seseorang dapat mejadi Pengurus, terserah kepada anggota siapa yang dipilih diantara calon yang telah ditetapkan. Anggota hanya memilih 3 orang Calon Pengurus sebagai formatur, suara anggota terhenti sampai disini. Adapun kewenangan untuk melengkapi jumlah personil ada pada formatur. Kewenangan anggota diambil alih. Dasar penentuan siapa yang akan dipilih untuk melengkapi jumlah pengurus berdasarkan beberapa pertimbangan sesuai fungsi yang akan diembannya, meskipun job description belum tersusun, tetap diharapkan formatur sudah memiliki feeling, sekali lagi feeling dimana seseorang yang akan dipilih itu ditempatkan dalam struktur kepengurusan. Di sini seorang ketua harus sudah punya calon yang menurut perhitungannya kualified, tidak berdasarkan besar kecilnya suara, tapi dipilih diantara calon yang masuk nominasi urutan ke 4 sampai dengan 14.

CARA TEPAT MENGANGKAT KITA YANG MELARAT



Siput pun menantang Kancil adu kecepatan dalam lomba lari cepat asal lomba itu diselenggarakan di habitatnya.Di sungai. Kancil terperanjat dan tertegun memdengar tantangan itu. Betapa tidak. Siput yang berjalan begitu lambat menantang adu kecepatan dengan dirinya. Tidak logis. Meskipun adu kecepatan itu diselenggarakan di sungai. Ia tertegun, karena kebetulan ia pantang mendekati sungai. Sebab ia sedang mempunyai masalah dengan Buaya.

JABATAN ADALAH AMANAH


Menurut Imam Al-Ghazali, pangkat dan kekuasaan adalah saudara kembar harta dan kekayaan. Keduanya bagaikan duda sisi mata uang yang sama . Dan Keduanya merupakan unsure utama kenikmatan dunia. Hanya penguasa yang beriman, amanah, jujur dam adil yang akan mampu menepis godaan kekuasaan dan kekayaan dari potensi penyalahgunaan untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya.
Salah satu tanda orang beriman adalah apabila mendapatkan amanah berupa kekuasaan, ia memanfaatkannya sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT dan hamba-hambaNya. Baginya, kianat terhadap amanah bukan saja merupakan pengkhianatan terhadap rakyat, namum juga pengkhianatan terhadap Allah SWT.
Khalifah Abu Bakar dalam pidato pertamnya sebagai pemimpin umat membuka diri untuk dikoreksi jika ia bertindak atau mengambil kebijakan yang tidak tepat. Demikian pula dengan khalifah Umar bin khatab. Ia siang diingatkan dengan tajamnya pedang jika kepemimpinannya melanggar aturan.

PERJUANGAN DAN KESABARAN



Dialah Bapak Kyai Sabar, guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN ) Seyegan di dusun Watukarung , Kelurahan Margoagung Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Sekaligus pendiri Pondok Pesantren “Ashobru Minal Iman” yang artinya sabar itu setengah iman.
Beliau lahir di sleman, 12 Mei 1963 tepatnya di dusun gentian, sidoagung, godean, Sleman 200 meter sebelah timur pasar godean. Pendidikan PGA dilalui selama 4 tahun, lulus tahun 1985 pada saat itu beliau tinggal di pondok pesantren Mlangi timur, Nogotirto, Gamping, Sleman. Pendirinya KH Wafiruddin (Almarhum) kemudian melanjutkan di PTII (Purworejo) Sampai sarjana muda. Beliau tinggal di pondok pesantren Roudhothul thulab Berjan, Purworejo dan lulus tahun 1990

ANGGOTA KPRI KIPAS